Persiapan Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Sekolah Tatap Muka? | Jennifer Khumarga, M.S., BCBA from Enreach Behavioral Services| Kinderkloud

Persiapan Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Sekolah Tatap Muka?

https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/child-mask-playground

Setelah sekian lama belajar secara daring, mungkin anak- anak sudah mulai terbiasa. Dengan semakin membaiknya kasus COVID-19, sekolah sudah mulai dibuka untuk pembelajaran tatap muka. Anak- anak akan kembali sekolah secara tatap muka namun dengan situasi yang berbeda. Apa saja yang persiapan yang perlu dilakukan sebelum sekolah tatap muka?

  1. Memulai Rutin
    • Mulailah rutin yang mirip dengan rutin sekolah. Ini bisa dimulai dengan menyesuaikan kembali jam tidur dan jam bangun anak. Mungkin selama sekolah daring, anak dapat bangun lebih siang. Namun, dengan sekolah tatap muka perlu persiapan yang lebih banyak yang harus dilakukan sehingga anak harus bangun lebih pagi. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengikuti jadwal sekolah. Contohnya, anak harus makan siang di jam seharusnya ia makan siang di sekolah. Kemudian jika di sekolah ada jam istirahat, ikuti aktivitas yang ada di sekolah. Contohnya, tidak bermain gadget saat “recess” di rumah karena gadget tidak tersedia di sekolah.
  2. Latihan Rutin Sekolah
    • Latihan rutin sekolah seperti membawa ransel, mengepak kotak makan siang, makan sendiri, dan mandiri saat toileting. Selama pandemic, keterampilan tersebut mungkin menurun karena tidak relevan atau adanya bantuan di rumah. Maka dari itu, sangatlah penting untuk melatih kembali keterampilan- keterampilan tersebut sebelum sekolah tatap muka.
  3. Keterampilan Lainnya
    • Keterampilan penting lainnya yang sering digunakan di sekolah adalah keterampilan menunggu, berbagi dan bergiliran. Mengajarkan atau membiasakan kembali keterampilan tersebut sebelum sekolah tatap muka penting untuk memastikan anak memiliki pengalaman yang menyenangkan.
  4. Latihan Memakai Masker
    • Keterampilan menggunakan masker adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dikuasai anak. Pastikan anak bisa menggunakan masker dengan baik dan benar, dan dengan durasi yang lama. Penting juga untuk mengajarkan anak cara menjaga kebersihan masker mereka. Contohnya, saat mereka makan atau melepas masker mereka untuk tidak meletakkan masker di permukaan yang kotor.
  5. Latihan Mencuci Tangan
    • Sebelum sekolah tatap muka, anak juga harus bisa mencuci tangan dengan benar tanpa bantuan. Contohnya, menggunakan sabun, menggosok telapak dan punggung tangan, jari- jari, sela- sela jari, dan kuku. Anak juga harus bisa membilas dan mengeringkan tangan sampai bersih.
  6. Keterampilan Lainnya (Protokol Kesehatan)
    • Keterampilan lainnya yang harus dilatih adalah menjaga jarak, batuk dengan benar (menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan), dan mengukur suhu.
  7. Latihan Keterampilan Koping
    • Coping skills adalah keterampilan yang penting dikuasai anak sebelum kembali sekolah tatap muka. Ketika kembali ke sekolah, akan ada banyak situasi yang ada di luar kendali anak yang mungkin akan membuatnya kesal. Misalnya, di sekolah anak harus menunggu, atau anak tidak selalu mendapatkan apa yang ia mau. Di situasi tersebut, sangat penting agar anak dapat mengatasi emosi mereka.
  8. Social Stories (Peraturan dan Ekspektasi)
    • Sebelum sekolah tatap muka, ingatkan kembali anak pada ekspektasi atau aturan di sekolah. Beberapa peraturan tersebut termasuk mengikuti instruksi guru, mengangkat tangan sebelum berbicara, mendengarkan ketika orang lain berbicara, dan menghargai orang lain.

COVID-19, sekolah tatap muka

Children 4 Years - 6 Years / 4 Tahun - 6 Tahun / General Health / Kesehatan Umum / Health / Kesehatan / Persiapan Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Sekolah Tatap Muka?

Comments

Add Comment
photo of birthday tale book cover kinderkloud
Birthday Tale
Kinderkloud
Personalized book symbolizing that each child is special, wished for, longed for and play for and all the nature celebrate them together. Children will be introduced to various animals in their natural habitats along the journey.
photo of dream high book cover kinderkloud
Dream High
Kinderkloud
Personalized book to help Children imagine the professions in the future through their lens and encourage the little dreamers to explore and pursue their passion because the future is in their hands.
photo of prayer warrior book cover kinderkloud
Prayer Warrior
Kinderkloud
Personalized book to explain and the concept and importance of prayers to children and continuously remind our future generations to be mindful and thankful even for the smallest things in life. A guide book for our little prayer warriors to pray every day, everywhere and in every way.
photo of 5 colorful balloons book cover kinderkloud
5 Colorful Balloons
Blubridge Center
Balonku ada 5.. Rupa Rupa Warnanya..
Taking this classic to another level by combining this seemingly simple songs with Plutchick's Wheel of Emotions to introduce children to understand and express their feelings positively with introduction to Manners and Values in every step of the way for everyday life.
photo of starry starry paradise book cover kinderkloud
Starry Starry Paradise
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of journey to the top book cover kinderkloud
Journey to the Top
Kinderkloud x Marianne Rumantir
Are you team mountain or team beach?
Personalized book to trigger the imagination and curiosity to discover the wonders of our wonderful Indonesia. The food, music, fashion, language, landscape and the culture. They all never fail to amaze us. What better legacy can we pass on for Indonesia than by instilling nationalism to the future generation of this part of the planet called heaven on earth.
photo of cerita di festival ceria book cover kinderkloud
Cerita di Festival Ceria
Kinderkloud | Parentalk | Good Enough Parents
Tidak ada dua yang sama persis, setiap anak memiliki kegemaran, keunikan, dan karakterisitik yang spesial termasuk Kakak dan Adik. Ikuti perjalanan mereka dalam sebuah kisah akhir pekan yang berkesan di Festival in the Jungle untuk mengeksplorasi dan mengenal diri mereka masing-masing lebih dalam lagi.
photo of preparing for a sibling book cover kinderkloud
Preparing for a Sibling
Regina F. Amal
A heartwarming story where child learns what it means to become a bigger sibling. Featuring both children, in one delightful story! Meanwhile, parents are assuring that each child will always be loved just the same. There will always be enough love for everyone.
photo of being a good sport book cover kinderkloud
Being a Good Sport
Sigi Wimala
In the heart of this whimsical THE GREAT FOREST GAME, your loved ones discovers the true essence of sportsmanship: the cherished value of friendship that outshines any victory. Experience the joy of camaraderies and empathy as your loved ones embraces the spirit of being a good sport, leaving a lasting impression on young hearts.
photo of birthday wishlist book cover kinderkloud
Birthday Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable birthday occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a birthday wishlist and discovering the Power of Patience to make each birthday genuinely extraordinary.
photo of christmas wishlist book cover kinderkloud
Christmas Wishlist
Kinderkloud x Mama Ani
This year, on a memorable christmas occasion, a caring Mom considered sharing the importance of delayed gratification. Join your loved one in crafting a christmas wishlist and discovering the Power of Patience to make each christmas genuinely extraordinary.